Bupati Sleman bersama seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sleman menggelar acara Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya yang dilaksanakan di area parkir utara Lapangan Denggung, Selasa (9/10).
Bupati Sleman, Sri Purnomo menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut dirinya bersama Forkompimda membagikan 23 Helm gratis kepada masyarakat pengguna jalan yang melintas. “Kegiatan ini di lakukan dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan kepada pemakai jalan, kemudian  memberikan apresiasi kepada pengguna jalan yang tertib berlalu  serta mensosialisasikan untuk menggunakan helm ber-SNI,” jelasnya dalam acara yang diinisiasi oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman bersama Polres Sleman tersebut.
Lebih lanjut Sri Purnomo menuturkan bahwa pembagian helm gratis ini dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat pengguna sepeda motor bahwa helm yang di gunakan dalam berkendara harus menggunakan helm yang berstandar seperti contoh helm yang di bagikan dalam kegiatan tersebut.
Sementara itu Kapolres Sleman, Firman Lukmanul Hakim menjelaskan bahwa kampanye ini dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan. Menurutnya kecelakan lalu lintas dapat di sebabkan oleh 3 hal, yaitu faktor pengendara, faktor jalan dan faktor alat. “Untuk itu kegiatan ini bertujuan untuk melakukan tindakan preventif atau pencegahan kemudian memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengurangi resiko dan jumlah kecelakaan,” tuturnya.
Kapolres sleman juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menimbulkan kesadaran masyarakat sehingga masyarakat dapat lebih bijak dalam berlalu lintas.