Bupati Sleman menyampaikan penghargaan bagi desa dan padukuhan atas pembayaran PBB tahun 2011. Penyampaian penghargaan tersebut berlangsung  Kamis 8 Nopember 2012 bertempat di aula lantai III Sekretariat Kabupaten Sleman.

Menurut Plh Kabag Pemdes Jazim Sumirat. SH.MSi dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan diadakannya penyampaian penghargaan dana penghargaan bagi Desa dan Padukuhan atas pembayaran PBB Th anggaran 2011 ini adalah untuk meningkatkan pendapatan Desa, Meningkatkan kemampuan Desa dalam penyelenggaraan tugas-tuigas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta untuk memotivasi Desa dan Padukuhan untuk dapat memenuhi target PBB.

Berdasarkan Keputusan Bupati Sleman nomor 327/Kep.KDH/A/2012 tentang penghargaan bagi Desa dan Padukuhan atas pembayaran PBB tahun anggaran 2011 Alokasi pembagian dana penghargaan ini adalah sebagai berikut: Penghargaan bagi Desa atas pembayaran PBB tahun 2011 sebanyak 49 Desa dan Penghargaan bagi Padukuhan sejumlah 86 Padukuhan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman dalam sambutannya mengatakan bahwa, berkat dukungan dan kerja keras para kades, dukuh dan aparat desa dalam memotivasi masyarakat untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan, alhamdulillah pada tahun 2011 yang lalu, realisasi penerimaan PBB mencapai 108,95% dari target yang ditetapkan sebesar Rp. 41,67 Milyar. Sedangkan realisasi penerimaan PBB tahun 2012, sampai dengan awal Bulan November ini, sebesar Rp. 48,189 Milyar atau 104,04% dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp. 46,31 Milyar. Walaupun realisasi PBB telah melampui target, namun demikian kesadaran masyarakat terhadap penunaian kewajiban membayar PBB masih perlu ditingkatkan lagi.

Sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan kerja keras padukuhan, Pemkab Sleman menyerahkan penghargaan bagi desa dan padukuhan yang telah berhasil melampui terget dalam pembayaran PBB. Jika dilihat dari nilai nominal, mungkin penghargaan ini kecil jika dibandikan dengan kerja keras para kepala desa. Oleh karena itu Bupati minta agar penghargaan ini dilihat sebagai simbul jalinan kerjasama dan sinergi , untuk memotivasi dan memberikan pelayanan pada masyarakat dalam mem­bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Terlebih, mulai tahun 2013 mendatang pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan, sepenuhnya dikelola oleh Pemkab. Sleman.

Pengalihan PBB menjadi Pajak Daerah ini menjadi suatu tantangan bagi kita semua. Oleh karena itu, bupati meminta dukungan dan keseriusan para aparat pelaksana dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa. Aparat desa yang menjadi ujung tombak pelayanan PBB, agar bersikap lebih proaktif, bertanggung jawab, dan tertib dalam kelekting PBB dari masyarakat. Dengan pengalihan ini, diharapkan akan menunjang bagi bertambahnya PAD, sebagai modal dalam pembangunan daerah guna mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera. Pada kesempatan ini bupati mengharapkan kepada seluruh pejabat atau pegawai serta kepala desa dan perangkat desa untuk membayar PBB tepat waktu, sehingga dapat menjadi panutan bagi masyarakat dalam membayar PBB.